My Report :)

It was amazing to receive the scholarship from Rave Foundation for 4 months in Germany. During my stay in the two cities – Dresden and Leipzig, I had so many useful experiences about the management of museum, and I was lucky because I had the chance to do the internship in a big institution of Staatliche Kunstsammlungen Dresden, with various kinds of museums and galleries. This was very important for me because I come from a country that lack of professionals in museum field. So working in one of many good museums in Europe, especially in Germany was until now the best experience for my career forward.

I had the internship in two ethnological museums owned by Staatliche Kunstsammlungen Dresden, they were in Leipzig and Dresden. My first term of internship was from middle August until the end of September in Museum fuer Voelkerkunde Dresden. Here, I got the first impression about the situation of museum in Germany, how the organisation of the museum, how they work and also how they manage the exhibition. I also had a glance on how the restorators and the technical department of this museum work. But I was first only observing. In this museum I had the chance to do some scientifical works with the collections from Indonesia. It was great because it made me learn about my own culture and I could see how the Europeans see my culture.

In this scientifical work, I had the responsibility to make the description of some old objects of wayang puppets, batiks, and some objects of the chinese Indonesian culture. I also learned how to make a good digital photo of objects, the catalogue systems and the database of the collections. Beside making the descriptions for the archives of the museum, I also prepared some for the database of Virtual Collection of Masterpiece (VCM), the online catalogue of museum from around the world.
I did some educational programs with the department of education. I learned on how to prepare the materials for workshops and guided tours, and how to deal with smaller and older children. This experience with the education department of museum in Dresden was very important because I had to make my own programs for children for the museum in Leipzig, where I had my internship for the second term.

My removal to Leipzig allowed me to see a great permanent exhibition organised by GRASSI Museum fuer Voelkerkunde. I saw how they created a really great and convinient exhibition room, and the technologies that they use to support the exhibition. But my main task here was to present some batik workshops for children and adults, therefore in this museum I was fully working in the education department. I started my days in Leipzig assisting some programs for children, like kid’s birthday, school workshop and special guided tours for children. Then I had to prepare for my own workshops. For this preparation I made some trials with the help of my colleagues.

I had three workshops here, one was for children, one for adults and one for my colleagues in Leipzig. I began the workshops for children and adults by showing them the batik in the showcases of the museum, and telling the history and the real traditional process of making batik. Then we did the workshops. I was glad and proud to see how the people were interested of the process of batik making and that they were eager to try that. I have to say that all the workshops were great, I made some new friends and exchanged knowledges with the participants. I also had one day chance to do batik demonstration on the exhibition room. It was a pleasure for me to talk with the visitors of the museum and explain them about my own heritage. During this period I made a visit to Berlin because my embassy asked me to do the same workshop in the Labyrinth Museum in Berlin. The workshop was successful and I had some impressions of great museums in Berlin.

workshop at Labyrinth Museum Berlin with the embassy

My third term of internship was back in Dresden again. This time I involved in some projects while continue on doing scientifical works. First I had to help on preparing the winter gallery, especially on the inventory process. I was trusted to select some things to be sold at the gallery, especially things that came from Indonesia, defining the quality and responsible for the pricing. I also participated at the opening ceremony of the winter gallery. From this event I learned about how the museum funds itself and who the important stakeholders that support the existence of a museum are. Another task that I had was to make a preparation of a small exhibition that will be opened on the beginning of 2012.

This task was quiet challenging because I felt that this was really new for me. The exhibition will be about models, ranging from ship models, house models, household models, etc. I had to cooperate with the catalogue department to know all the models that the museum has, then I need to choose among those models, the objects that might be suitable for the exhibition. Then I made some photos of the objects, and discussed with the restorators about the condition of the objects. The last thing I did was designing the display on the chosen and approved objects. I had a brand new experience while preparing this exhibition and I was so excited about it.

During my stay, I only had one problem: language. I should had be able to speak and understand better of German. Unfortunately, because I had to move from one city and another, I couldn’t find a proper program from a language course. But all the colleagues were so nice a supportive. I would like to thank Ms. Petra Martin, the curator for South East Asia and also my supervisor for this program, for all the chances, the knowledges and hospitality that she’s given to me. Also for the colleagues in Leipzig, Ms. Christine Fischer, Mr. Dietmar Grundmann and Mr. Reinhard Wagenknecht.

I would like also to thank all the people in Rave Foundation for the scholarship that made me have this experience for having an internship in Dresden and Leipzig, and had the chance to conduct a workshop in Berlin. With this chance I was able to visit many museums and galleries, improving my language skill, and had interactions with various kinds of people from around the world. I believe this knowledge that I have now, will help me in my future career and I hope I can make a better condition for the situations of museums in Indonesia. I really appreciate the Rave Foundation for giving the chance for young people from third world countries to work in museums in Germany. I think this program is really usefull for those who want to learn about museum.

 http://www.ifa.de/en/foerderprogramme/rave-foundation/ravestipendien/erfahrungsbericht/dwirahmi-suryandari/

Advertisements

Bear-Lin

Betapa beruntungnya saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Berlin dalam rangka mengisi acara pada resepsi diplomatik KBRI. Acara ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sekitar bulan September untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tapi, tidak semua orang Indonesia di Jerman bisa datang ke acara ini, karena ini merupakan jamuan kelas diplomat (namanya aja Resepsi Diplomatik). Tamu yang diundang dibatasi hanya 300-400 orang, sebagian besar adalah para duta besar, beberapa orang lain yang sepertinya cukup terhormat di mata KBRI, beberapa anggota PPI Jerman, dan tentu saja staf KBRI. Berangkat dari Dresden pukul 09.04, saya hanya sempat sarapan kopi dan sandwich yang saya beli di stasiun. Tapi rasanya nikmat, berasa traveler sejati. Hihi..Gambar di bawah ini adalah sarapan saya dan Hauptbahnhof Dresden.

Saya sampai di Berlin Hauptbahnhof (stasiun utama) di hari yang sama pada pukul 11.14. Dan dijemput oleh Pak Anis dari bagian sosial-budaya. Saya sudah diberi tahu sebelumnya oleh Mas Apung (staf sosbud juga) bahwa yang menjemput nanti Pak Anis, wajahnya Indo-Arab dan tinggi. Saya dengan mudah menemukan Pak Anis, tapi bukan karena wajah Indo-Arabnya, melainkan karena beliau pake batik. Ehehe.. Jarak Hauptbahnhof dan KBRI sangat dekat, katanya cuma 5 menit kalau jalan kaki. Dan Hauptbahnhof Berlin adalah salah satu tempat (dari banyak tempat di Jerman) yang membuat saya kagum. It was sooo BIG! Kata Mas Apung sih ini stasiun kereta api terbesar di Eropa.

Berlin Hauptbahnhof, yang besar dan bersih.

Begitu sampai di KBRI, saya langsung menemui Bu Birgit, seorang staf lokal yang bisa bicara Bahasa Indonesia dengan sangat baik, lengkap dengan ekspresi “deh”, “dong”, “sih”, dan masih banyak lagi. Saya diminta menunggu sampai jam 12.00 untuk berangkat bersama Pak Anis lagi ke Hotel Adlon. Mungkin sudah tau ya Hotel Adlon? Adlon Kempinski. Cukup terkenal karena Michael Jackson pernah menginap di sana dan muncul di balkon hotel bersama anaknya yang membuat heboh media, lalu Barrack Obama juga pernah menginap di Adlon, dan tentu saja bapak kita yang terhormat : SBY. Terakhir hotel ini ada di filmnya Liam Neeson, berjudul Unknown (dan saya tidak akan bosan untuk pamer betapa ‘penting’nya hotel ini. Hehe..).

Ketika saya ke kamar mandi, saya bertemu dengan Mbak Tuti, yang saat itu sedang mengonde rambutnya sendiri. “Kalau di Adlon, aduh..nggak bakal sempet mbak. Saya nanti mesti sibuk, jadi mending kondean di sini.” Usut punya usut, Mbak Tuti -yang juga staf sosbud – ternyata adalah penari dan berasal dari Bali. Pantas saja dia sudah tidak canggung mengonde-ngonde rambut. Karena ternyata lama (tidak jam 12.00 seperti yang dijanjikan) maka saya mondar mandir di KBRI dan akhirnya berkenalan dengan bapak-bapak yang sedang memanfaatkan “smoking area” (balkon). Ada seorang yang sudah tinggal di Jerman selama 20 tahun. Tapi katanya, dia bukan yang paling lama, ada yang sudah 40 tahun.

Sekitar jam 13.00 saya, Mbak Tuti, Mas Apung, dan dua orang staf lainnya berangkat ke Adlon. Sesampainya di sana saya berkenalan dengan Bapak Rudolf Smend dan Joachim Blank. Pak Smend adalah kolektor batik, dan Pak Blank seorang seniman yang beberapa karyanya menggunakan teknik batik juga. Semua batik koleksi Pak Smend antik dan indah. Saya sampai takut memegang, takut salah. Tapi beliau sangat ramah dan rendah hati, sebelumnya saya sudah sempat berkomunikasi dengan beliau via email. Dia diundang khusus oleh KBRI untuk memamerkan batiknya sebagai ‘side event’ dari resepsi diplomatik kali ini. Setelah ganti baju (dan dikonde sama Mbak Tuti juga), sayapun siap melakukan demo membatik. Awalnya, Pak Smend sempat menawari saya untuk menggunakan salah satu kain antiknya sebagai kemben, tapi selain kurang percaya diri, saya merasa akan kedinginan dan ada kemungkinan juga kainnya bakal rusak kalau saya pakai. Hehe, akhirnya saya mengenakan kebaya encim cantik berwarna kuning yang saya bawa dari Semarang, sebagai sarungnya, Pak Smend meminjamkan salah satu koleksinya yang belum terlalu rapuh.

Palaissaal,Adlon Kempinski,tempat acara diselenggarakan.

Inilah saya yang sedang membatik, sampai lupa makan!

Saya tidak menyangka, bahwa banyak orang yang tertarik melihat apa yang saya lakukan. Kebetulan saya membatik dengan motif Bokor Kencono. Saya sudah siap-siap sejak awal untuk bercerita mengenai motif ini, bahkan sudah menyiapkan versi Bahasa Jermannya. Beberapa tamu jongkok di samping saya dan menanyakan tentang proses membuat batik. Bagaimana kalo mau dua warna, tiga warna, dan seterusnya. Saya jawab setahu dan semampu saya, tapi sepertinya sih cukup meyakinkan. Saya terus membatik sampai Mas Apung datang dan menanyakan apakah saya mau makan atau tidak. Akhirnya setelah melihat tamu sudah mulai sepi dan acara sudah hampir selesai, sayapun masuk ke ruang resepsi dan makan nasi goreng. Enak!

Rendang adalah salah satu menu yang disajikan. Mas Apung cerita bahwa yang membuat adalah chef dari Hotel Adlon dengan supervisi KBRI, yaitu  Mas Apung sendiri. Hasil akhirnya ternyata memuaskan banyak orang. Beberapa menu lainnya adalah kerupuk udang, pangsit, dan ayam kecap. Pencuci mulutnya tidak khas Indonesia, tapi tetap saja tidak mengurangi suasana “Indonesia” malam itu. Sambil makan, saya berbincang dengan Bu Birgit dan Pak Smend. Saya bertanya, yang mana Duta Besar Indonesia. Bu Birgit lalu menunjuk seorang bapak dan seseorang (saya lupa siapa) berkata pada saya bahwa Pak Edi -si Dubes-berasal dari Semarang.


Rendang ala Adlon

Ketika acara sudah benar-benar akan berakhir, saya berfoto bersama istri Dubes dan ibu-ibu KBRI lainnya. Lalu saya menuju ruang ganti karena sudah tidak tahan pakai kain. Ketika keluar dari ruang ganti, rombongan Duta Besar lewat. Pak Edi menyalami saya dan berkata, “terima kasih ya Mbak, bagus sekali lho mbatiknya.” Saya mengucap terimakasih kembali dan bertanya, “bapak orang Semarang, ya?” Lalu dengan girangnya dia bilang iya, menanyakan saya orang Semarang juga atau bukan, Semarang nya sebelah mana, dan lain-lain.

Bersama Pak Smend, Bu Dubes, dan Pak Joachim. Mereka yang ditengah itu. Sebelah kanan saya Mas Apung. Dan yang lain adalah ibu-ibu KBRI (apa iya ya?)

Saya dan Mas Apung pulang pukul 22.30, saya menginap di apartemen Mas Apung yang ternyata sangat dekat dengan Adlon. Ketika mau tidur, saya baru sadar bahwa saya belum mandi sore tadi. Tapi saya sama sekali tidak berpikir untuk mandi saat itu, karena sudah ngantuk dan capek. Setelah ngobrol sebentar sama Mas Apung, sayapun tidur. Dan Mas Apung baik sekali karena membiarkan saya tidur di kamarnya, sementara dia tidur di kamar tamu bersama tumpukan cucian. Bulan depan kebetulan saya harus ke Berlin lagi, dan sudah janjian sama Mas Apung untuk menginap di sana lagi. Terimakasih Mas Apung 🙂

Esoknya, saya kembali ke KBRI untuk membicarakan workshop batik bulan Oktober yang akan datang. Jam 12.30 Mas Apung dan Bu Birgit mengantar saya ke Hauptbahnhof, di jalan sempat foto-foto sebentar di lapangan yang ternyata bekas penjara. Di lapangan itu masih ada satu sel yang dibiarkan utuh. Dan kalau kita masuk sel itu, tiba-tiba keluar suara dengan musik latar yang mencekam mengiringi suara orang yang memberikan testimoni seperti apa rasanya dipenjara. Saya nggak kebayang kalau masuk ke situ malam-malam apa jadinya ya? Karena kereta saya pukul 14.48, kami masih sempat makan siang di stasiun. Setelah itu belanja souvenir.

di depan bekas sel, yang jadi semacam monumen

bersama Bu Birgit Steffan, yang baikkkkk banget

Mas Apung dan Bu Birgit harus kembali ke kantor segera karena jam makan siang sudah habis. Maka sayapun jalan-jalan sendiri di Hauptbahnhof. Saya belanja suvenir lagi dan lagi. Lalu jalan-jalan. Kemudian dengan sangat santai saya berjalan menuju Gleis (jalur) 2, tempat kereta menuju Dresden berangkat. Ketika saya melihat ke jalur itu, sudah ada kereta di sana. Lalu saya melihat jam, sudah pukul 14.46! Saya panik karena satu persatu pintu mulai ditutup, dan orang-orang di luar kereta (para pengantar) sudah pada melambaikan tangan pada yang di dalam. Tanpa pikir panjang saya lari dan melompat ke wagen (gerbong) terdekat yang pintunya masih buka. Saya pikir, gerbongnya salah kan tidak apa-apa yang penting sudah masuk. Akhirnya setelah salah duduk satu kali, bertanya berkali-kali, saya menemukan gerbong yang benar. Lain kali, saya berjanji pada diri sendiri untuk duduk manis menunggu kereta walaupun masih lama. Huahh…

So, auf wiedersehen, Berlin!

Batik Pesisir dan Budaya Peranakan

Sejak tahun 2009 yang lalu, batik semakin banyak diperbincangkan. Penyebabnya terutama karena Malaysia dianggap mencuri salah satu aset budaya bangsa Indonesia yang berharga itu. Sejak saat itu orang Indonesia mulai ramai-ramai menggunakan batik. Entah itu batik tulis, cap atau kain bermotif batik. Batik adalah warisan budaya yang dimiliki oleh hampir seluruh daerah di Indonesia.

Batik memiliki kekuatan dalam motif-motifnya karena dari setiap motif batik itulah terkandung filosofi kehidupan serta kekhasan daerah asalnya. Tidak terkecuali batik yang berasal dari daerah Jawa Tengah bagian utara, yang biasa disebut sebagai batik pesisir. Batik ini memang dihasilkan oleh daerah pesisir seperti Lasem dan Pekalongan. Daerah lain di luar Jawa Tengah yang merupakan penghasil batik pesisir yang tersohor adalah Madura, Tuban dan Cirebon. Batik pesisir awalnya adalah batik yang digunakan oleh masyarakat biasa diluar kerajaan (Mataram). Pada masa itu, tidak semua orang boleh mengenakan batik dengan motif yang serupa dengan batik buatan kerajaan.

Batik pesisir lebih dekat dengan nuansa alam dengan warna-warna yang lebih beragam. Kini, batik yang dulunya hanya dikenakan oleh rakyat itu memiliki keunikan dan nilai jual yang sangat tinggi. Salah satu hal yang menarik dari batik pesisir adalah bahwa motif-motif batik dari daerah-daerah tersebut diperkaya oleh simbol-simbol budaya Cina yang biasa disebut juga sebagai budaya peranakan. Kentalnya nuansa peranakan nampak pada beberapa motif seperti naga, burung merak, awan, bunga teratai dan motif bunga-bunga lainnya. Lasem adalah salah satu daerah yang batiknya sangat terpengaruh budaya Cina. Kain-kain ini biasanya digunakan sebagai pasangan kebaya encim, salah satu budaya peranakan yang kini mulai hilang.

Pengaruh budaya Cina yang amat kaya pada batik pesisir tersebut berkaitan dengan sejarah kedatangan para pedagang dari Tiongkok di daerah utara Jawa. Selama beberapa bulan mereka menetap di daerah seperti Lasem, Rembang, dan kemudian Semarang. Berpadunya dua kebudayaan besar dalam selembar kain yang ditulis dengan canting itu seharusnya membuat kita sadar bahwa tidak ada satu kebudayaan di dunia ini yang terlepas dari yang lain. Menghargai batik pesisir sebagai sebuah aset budaya dan ekonomi daerah berarti juga mengakui adanya budaya peranakan yang berbaur dan memperkaya kehidupan masyarakat.

Walaupun sudah tidak sesensitif dulu, isu mengenai budaya peranakan sebaiknya terus ditelusuri. Karena masih banyak hal-hal yang perlu diungkap. Terutama sejarah yang membuktikan adanya harmonisasi budaya peranakan dengan kebudayaan setempat. Batik pesisir hanyalah sebuah contoh warisan budaya yang menjadi bukti proses perpaduan tersebut. Dengan meneliti unsur-unsur pembentuk sebuah benda budaya maka kita akan sadar bahwa tidak ada sebuah kebudayaan yang lebih baik daripada yang lain. Semuanya saling melengkapi dan memperindah.